[Review] Film “Five Feet Apart” (2019), Cinta Jarak Jauh Yang Tidak Biasa

Five Feet Apart – Apakah kamu pernah merasakan yang namanya cinta jarak jauh? Bagaimana rasanya menahan rindu ingin bertemu tetapi terbatas karena jarak? Tentu bukan hal yang mudah, bukan? Akan tetapi, cinta berbatas jarak tersebut tidak sebanding dengan cinta yang satu ini, cinta jarak jauh yang tidak biasa. Yaitu ketika kita menyukai seseorang, tetapi tidak bisa melakukan kontak fisik dan harus saling menjaga jarak setidaknya 5 kaki atau 1,8 meter.

Five Feet Apart

Trailer

Cinta Jarak Jauh Yang Tidak Biasa

Masih ingat dengan film The Fault In Our Stars? Yak,+ film ini kurang lebih memiliki genre yang hampir sama namun dengan jalan cerita yang berbeda tentunya. Film ini menceritakan kisah Stella Grant (diperankan oleh Haley Lu Richardson) dan Will Newman (diperankan oleh Cole Sprouse) penderita cystic fibrosis, sebuah penyakit genetik yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang paru-paru mereka.

Menderita cystic fibrosis sejak kecil membuat Stella lebih optimis menjalani hidup dengan membuat video-video kesehariannya di rumah sakit untuk diunggah di chanel youtubenya. Tujuannya untuk menginspirasi orang lain agar lebh optimis menjalani hidup.

Stella yang sering menghabiskan waktu di ruang ICU bayi akhirnya dipertemukan dengan seorang pemuda bernama Will yang juga didiagnosa mengidap penyakit yang sama. Berbeda dengan Stella yang optimis, Will pesimis menjalani terapinya. Pertemuan pertama mereka tidak berlangsung lama, setelah Barb perawat mereka mengingatkan mereka untuk tidak saling berdekatan satu sama lain. Ya, sesama pengidap cystic fibrosis dilarang berdekatan satu sama lain. Mereka harus menjaga jarak minimal lima kaki atau satu setengah meter agar tidak saling menginfeksi—khususnya jika terjadi batuk atau bersin, yang akan memperparah penyakit mereka.

Stella yang menunjukkan sikap dingin di awal pertemuannya dengan Will, membuat pria itu tertarik untuk mengenal sosok Stella lebih jauh. Stella, yang juga memiliki sindrom OCD sangat terobsesi dengan segala keteraturan, senang mengatur serta menyusun semua kotak obat berdasarkan warnanya, serta membuat to do list agar kegiatannya tidak ada yang terlewat.

Berbeda dengan Will yang sejak awal pesimis dengan terapinya, sengaja tidak mengikuti instruksi pengobatannya dengan baik. Stella yang merasa tidak nyaman dengan ketidakteraturan itu pada akhirnya meminta Will untuk menaati semua proses pengobatan dengan “imbalan” mengabulkan permintaan Will untuk melukis Stella.

Sejak itulah Stella dan Will menjadi dekat satu sama lain, bersama teman mereka yang lainnya, Poe. Mereka pada akhirnya menjalanI aktivitas pengobatan mereka di rumah sakit bersama-sama. Perlahan benih cinta tersebut semakin bertumbuh, Namun, Will kemudian mengetahui bahwa penyakitnya menjadi sangat parah dengan infeksi bakteri yang berbahaya bagi pengidap cystic fibrosis lainnya. Akhirnya Will mulai menjauhi Stella.

Stella yang bingung, kemudian mencari cara agar bisa bertemu dengan Will kembali. Pada akhirnya Stella menemukan sebuah stik billiard dengan panjang 1,8 meter atau 5 kaki untuk menjaga jarak di antara mereka saat mereka berkencan.

Cinta Jarak Jauh

Romansa itu kemudian berlanjut, namun kebahagiaan itu tidaklah abadi ketika seorang dari mereka harus pergi untuk selamanya. Apakah Stella harus kehilangan Will? Atau sebaliknya? Atau, apakah keduanya akan berhasil menjalankan pengobatannya? Silahkan saksikan sendiri film ini di bioskop kesayangan anda.

Kekuatan Film Five Feet Apart

Sebuah film tentu akan kuat jika dibangun dengan karakter yang kuat kemudian diimbangi dengan dialog yang apik. Film Five Feet Apart menyajikan itu semua. Haley Lu Richardson memainkan peran Stella dengan begitu baik. Setidaknya optimisme Stella menyikapi hidup begitu saya rasakan. Begitu juga dengan Cole Sprose yang memerankan Will, perubahan karakternya begitu terasa setelah jatuh cinta dengan Stella. Mengingatkan saya akan kehidupan nyata, bahwa seseorang yang sangat berarti akan memberikan dorongan semangat untuk hidup dan menjadi lebih baik lagi.

Karakter Poe, sebagai teman Stella pun membuat film ini menjadi lebih menarik. Begitu juga dengan karakter perawat rumah sakit, semuanya memainkan perannya dengan sangat pas sehingga saya sebagai penonton turut terbawa emosi.

Setting film yang sebagian besar dilakukan di rumah sakit pun tidak membuat saya bosan. Sinematografi film ini terbilang sangat apik, karena mampu membangkitkan emosi penonton terutama di plot akhir. Alur cerita yang umum tapi tidak biasa ini juga menjadi nilai plus film ini. Penonton akan dibawa pada sebuah kisah cinta yang tidak biasa, yang tidak bisa dialami setiap orang. Kisah cinta berbatas jarak sejauh 5 kaki atau 1,8 meter. Saya merekomendasikan film “Five Feet Apart” untuk ditonton.

Baca juga : [Review] Film “Dua Garis Biru” (2019), Problematika Remaja dan Peran Orangtua

Sutradara:
Justin Baldoni

Skenario:
Mikki Daughtry, Tobias Laconis

Pemain:
Haley Lu Richardson, Cole Sprouse, Moises Arias, Kimberley Hebert Gregory, Parminder Nagra, Claire Forlani

Rilisan:
Amerika Serikat

Tayang perdana:
15 Maret 2019

Rating versi kinemadrian.com : 8.9 / 10

30 Komentar

  1. Bagus kak..
    Coba sering² baca resensi dan review film dari situs² lain. Biar review filmnya makin mantul dan makin potensiyal.. ?
    Jangan kecewakan founder yg sudah menyebut Anda potensiyal..

  2. Yessss…. Kak Moses nulis lagie….
    Keren lho setelah sekian lama bertapa. Tentang Cinta Jarak Jauh Yang Tidak Biasa ini duuh kebayang gimana confuse nya kalau di kehidupan nyata… Kadang kita yang sehat kok kurang bersyukur ya..

  3. Pas lihat trailernya aku udah bisa nebak sih ini film mirip The Fault In Our Stars. Dan tertarik mau nonton sebenarnya. OSTnya juga bagus, suka dengerin Andy Grammar nyanyiiin “Dont Give Up on Me”

    Tapi akhirnya engga jadi, karena aku akhirnya nonton Captain Marvel sama Dilan wkwwkkw.

    • Filmnya recomended kok, gak nyesel nontonnya. Yuk, mumpung masih ada di bioskop sempetin nonton filmnya… Hehehe

  4. Wow… Filmnya pasti bikin senyum-senyum bahagia tapi miris ini ngebayanginnya… Makasi Moses review nya bikin kapan-kapan mau nonton…
    Jadi niche blognya movie banget yah?

    Oke..diingat…
    Biar kalo lagi bingung mau nonton, akan mampir ke sini..?

    • Filmnya bikin baper banget kak…. Niche blognya sebenernya masih campur-campur antara movie, journey sm culinary. Tapi sementara masih fokus ke movie dulu

  5. Aishh.. Rasanya lebih sakit dari yg Cinta Jarak Jauh beneran ini mah…. Dia terlihat, namun tak bisa kau raba dan sentuh keberadaannya…. Hiks….

  6. Sumpah jadi penasaran pengen lihat endingnya.
    Penyampaiannya bener-bener berasa kaya lagi diputar filmnya.
    Thank you ka

  7. Sepertinya film Five Feet Apart ini akan mengesankan seperti The Fault in Our Stars. Menarik dan bikin penasaran seperti apa kehidupan romansa mereka dan juga kegigihan melawan penyakitnya.

  8. Reviewnya menarik kak, aku jadi mau nonton ah. Btw aku pernah kak cinta jarak jauh yang tidak biasa. Bakal sama ga ya nyess nya saa=ma nonton film ini?

    hehe

  9. Termasuk yang sering nonton, dan udah judge duluan film ini gak menarik ngeliat dari posternya. Dan, malah lebih tertarik Us waktu itu karena Lupita Nyong’o nya. Sekarang film udah gak beredar dan ternyata setelah liat review ini jadi tertarik nonton. Ku menyesal~

  10. Termasuk yang sering nonton, dan udah judge duluan film ini gak menarik ngeliat dari posternya. Dan, malah lebih tertarik Us waktu itu karena Lupita Nyong’o nya. Sekarang film udah gak beredar dan ternyata setelah liat review ini jadi tertarik nonton. Ku menyesal~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *