Disney Award…versi saya

Semalam seperti biasa saya insomnia. Biasanya saya kalo insomnia, saya nonton anime atau baca-baca soal CPNS saya ngantuk. Tapi aneh saya udah baca materi mulai dari sejarah pembentukan Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara sampai materi UUDS 1950 tetep belum ngantuk. Nonton Boruto juga udah mentok di episode 78 males mengulang episode sebelumnya.

Karena bingung nggak bisa tidur sampai jam 3, akhirnya saya membuat semacam, apa ya namanya, nominasi kali ya, untuk beberapa kategori kartun Disney. Sebagai informasi, saya adalah salah satu penggemar karya-karya Disney mulai dari yang klasik seperti Pinochio, Bambi, Dumbo, sampai yang terbaru Coco. Disney menemani masa kecil saya hingga sekarang ini. Kalau ditotal, Disney sudah berkarya selama 95 tahun.

Wow, pencapaian yang luar biasa, bukan?

Berkarya selama 95 tahun memang tidak mudah, pasti banyak jatuh bangun yang dilalui. Iyalah, saya aja yang membangun hubungan selama 8 tahun aja banyak jatuh bangun walaupun akhirnya selesai begitu saja, apalagi Disney coba. Sebelum masuk ke pembacaan nominasi marilah kita doakan agar Disney terus menelurkan karya-karyanya.

Inilah nominasi Disney Award versi saya. Bagi yang ngga disebut jangan berkecil hati, bukan berarti saya gak suka atau gimana, tapi ya emang gak disebut aja. Gimana dong, abis banyak banget, tapi yang namanya favorit kan idealnya cuma sedikit. Yaudah daripada intronya kepanjangan langsung aja yuk, inilah nominasiya.


NOMINASI KATEGORI PRINCESS

  1. Tiana – The Princess and The Frog
  2. Belle – Beauty and The Beast
  3. Giselle – Enchanted
  4. Pocahontas – Pocahontas
  5. Venellope von Schweetz – Wreck it Ralph

Best Princess jatuh kepada…

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02Selamat untuk Princess Belle. Tidak diragukan lagi performa Belle sebagai princess. Udahlah dia cantik, baik hati, cerdas, gemar membaca, dan yang paling penting dia sayang keluarga dan sabar banget menghadapi Beast yang tsundere. Saya memilih Belle sebagai yang terbaik dari nominasi yang ada, karena Belle menginspirasi saya bahwa cantik tidak cuma dilihat dari make-up tapi dari ilmu pengetahuan yang dimiliki. Selain itu Belle mengajarkan kita untuk mencintai seseorang dengan ketulusan.

 


NOMINASI KATEGORI PRINCE

  1. Capt. John Smith – Pocahontas
  2. Eric – The Little Mermaid
  3. Philip – Sleeping Beauty
  4. Kristoff – Frozen
  5. Flynn Rider – Tangled

Best Prince jatuh kepada…

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(7)Saya memilih Capt. John Smith yang ada di film Pocahontas sebagai best prince karena perubahan dia setelah bertemu dengan Pocahontas. Di balik sifatnya yang suka berpetualang, John Smith memiliki rasa kepedulian dan keberanian yang besar terhadap sesamanya. Berkat dia juga pertikaian bisa berakhir.


NOMINASI BEST MOVIE

  1. The Lion King
  2. Beauty and The Beast
  3. The Hunchback of Notre Dame
  4. Pocahontas
  5. Inside Out

Pemenang Best Movie…

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(2)Jujur susah buat memilih yang terfavorit karena hampir semua film Disney saya suka. Selain 5 nominasi itu aja banyak banget yang bagus seperti Mulan, The Princess and the Frog, dan juga Frozen. Saya memilih Inside Out sebagai yang terbaik karena konsepnya yang paling beda dibanding yang lain. Selain itu Inside Out memiliki banyak pesan moral yang terkandung di dalamnya, misalnya bahagia itu bisa dimulai dari kesedihan.


NOMINASI ORIGINAL SOUND TRACK

  1. Reflection – Mulan
  2. Part of That World – The Little Mermaid
  3. Color of The Wind – Pocahontas
  4. Circle of Life – The Lion King
  5. You’ll be in My Heart – Tarzan

Pemenangnya adalah…

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(3)Ini juga kategori yang susah karena saingannya juga berat semua. Tapi saya memilih Color of the Wind sebagai best OST karena liriknya yang bagus dan feelnya dapet banget saat Pocahontas mengajarkan John Smith tentang keajaiban bumi dan alam. Lagu versi Indonesianya (Warna Angin) juga saya suka.


NOMINASI KATEGORI VILLAIN

  1. Ursula – The Little Mermaid
  2. Judge Claude Frollo – The Huchback of Notre Dame
  3. Maleficent – Sleeping Beauty
  4. Queen of Hearts – Alice in Wonderland
  5. Governor Ratcliffe – Pocahontas

Best Villain jatuh kepada…

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(9)Iya saya tau filmnya emang kurang terkenal. Alasan saya memilih Frollo jadi best villain karena menurut saya Frollo adalah sosok antagonis sesungguhnya dan realistis. Ketika Maleficent, Mother Gothel atau Evil Queen menggunakan sihirnya, Frollo dengan kekuasaannya. Dia juga villain yang rela kehilangan segalanya demi memenuhi obsesinya.


NOMINASI NEW LIVE-ACTION REMAKE

  1. Cinderella (2015)
  2. Beauty and The Beast (2017)
  3. Alice in Wonderland (2010)
  4. Christopher Robin (2018)
  5. Maleficent (2014)

Pemenangnya adalah…

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(4)So far, ini adalah live-action remake terbaik yang pernah dibuat. Emma Watson begitu menjiwai perannya sebagai Belle walaupun ngga bisa dipungkiri kalau sosok Hermione masih begitu terasa sekali. Musiknya juga digarap dengan sangat bagus. Sebenarnya sih Chrisopher Robin juga bagus, sayangnya terlalu gloomy untuk film anak-anak.


NOMINASI KATEGORI NON HUMAN

  1. Sadness – Inside Out
  2. Flash the Sloth – Zootopia
  3. Pooh – Winnie the Pooh
  4. Buzz Lightyear – Toy Story
  5. Simba – The Lion King

Pemenang kategori non-human adalah…

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.01Dalam film Inside Out diceritakan bahwa dalam core otak kita ada yang mengendalikan salah satunya adalah si Sadness ini. Mungkin karena pemimpin core adalah Sadness, makanya saya memilih Sadness sebagai yang terfavorit. Kenapa Sadness? Karena menurut saya, untuk menjadi manusia tidak melulu harus selalu bahagia. Terkadang kesedihan perlu dilewati dalam satu fase untuk memulai babak baru kehidupan.


NOMINASI NEW COMER

  1. Coco (2017)
  2. Moana (2016)
  3. Zootopia (2016)
  4. Finding Dory (2016)
  5. Frozen (2014)

New Comer terfavorit adalah…

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(8)

Selamat kepada Moana. Bisa dibilang Moana adalah film yang ‘sangat Disney’, magical namun klise. Ceritanya tentang puteri pemberani yang mencari takdirnya. Moana sukses menjadi puteri Disney yang menginspirasi. Tidak seperti tipikal putreri-puteri lainnya yang yatim piatu, hidup susah, Moana memiliki orang tua dan kampung halaman yang ia cintai. Meski bingung dan jatuh berkali-kali, perjalanannya bersama Maui menjadikan ia semakin dewasa dan berpengalaman. Moana mengajarkan kalau mau maju harus berasal dari diri sendiri.


Masuk ke kategori khusus, karena emang ngga ada nominasi lainnya, saya memilih berdasarkan yang saya suka dan layak mendapatkannya aja.. Ketegori adalah :

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(1)

 

Menurut saya Tiana dan Naveen adalah couple paling sweet karena perjalanan cinta mereka bukan datang karena saling menyukai, tetapi karena kebersamaan. Dari kebersamaan itulah akhirnya tumbuh benih-benih cinta. Saya juga pengennya dapat pasangan yang bukan suka di awal aja, tapi ada proses pelan-pelan, saling mengalami, saling mengisi.


WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(5)

 

Family is forever. Tadinya saya mau menobatkan Miguel dan keluarganya sebagai best family tapi saya rasa Elsa dan Anna lebih layak mendapatkannya. Dalam film Frozen diceritakan bahwa cinta keluarga dapat mencairkan hati yang beku. Kalau sudah nonton short movie Olaf di film Coco, akan lebih jelas lagi rasa sayangnya Elsa ke Anna.


WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(6)

 

Iya, ini kategori yang saya bikin sendiri karena di setiap film Disney pasti ada bumbu-bumbu Tsundere. Bilangnya benci, padahal aslinya sayang. Kalau sudah nonton film Coco kalian bisa melihat sendiri bagaimana tsunderenya Mama Imelda ke Papa Hector.

 


 

WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(11)

Menutup tahun 2017, Disney sukses dengan film Coco-nya. Film yang rilis November 2017 itu diawali dengan short opening film Olaf sekitar 20 menit. Setelah itu masuk ke film dengan tema besar keluarga yang mengangkat budaya Mexico, yaitu Festival Dia de Muertos. Film ini sukses bikin saya nangis, sedih sekaligus bahagia karena film ini mengajarkan dengan lembut kekuatan memaafkan. Beban hati yang selama ini memberatkan langkah pun dapat diringankan dengan memaafkan. Untuk yang belum menonton film Coco ini, sangat disarankan untuk nonton karena bagus banget. Quotes favorit saya adalah dialog-nya Miguel, “You don’t have to forget him, but we shouldn’t forget him.” Gak perlu memaafkan kalau memang belum siap, tapi jangan sampai melupakan.


WhatsApp Image 2018-11-01 at 09.23.02(10)

Remember me…

Ahh… Mama Coco sukses bikin saya nangis baper. Awalnya saya bingung kenapa judul filmnya Coco, ternyata, ternyata…. sepanjang hidupnya Mama Coco menunggu kembalinya sang papa yang tidak pernah kembali.

 

 

Sepertinya segitu dulu penobatan Disney Awards kali ini. Nanti kalau kepikiran lagi akan saya tambahkan. Atau jika kalian punya request kategori silahkan kirimkan di kolom komentar nanti akan saya jawab. Terima kasih sudah melewati waktu dengan mengenang kembali karya-karya Disney yang epic ini.

 

2 Komentar

    • Itu masuknya ke Disney Classic (kali, ya?)… Kalau Disney Classic saya juga suka kok. Tadinya kepikiran untuk dijadiin nominasi tapi itu kan berseri, ya, jadinya saya memilih yang tanpa seri. Tapi kalo ditanya Disney Classic favorit saya pilih Goofy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *